Minggu, Februari 03, 2008

Situs bank Niaga di Heaker


KRC, Jakarta

Situs Bank Niaga Global@ccsess yang melayani transaksi internet banking dipalsu orang tak dikenal. Para nasabah Bank Niaga dikirimi imel pemberitahuan yang menginformasikan bahwa situs Niaga mailto:Global@accsess sedang dalam perbaikan. Mereka diminta melakukan konfirmasi Account Number, Product Type, Account Name, dan Currency ke situs yang telah dipalsukan tersebut. Beberapa nasabah telah tertipu memasukkan data pribadi mereka ke situs tersebut.
"Mempertimbangkan kenyamanan dan keaman nasabah, kita mencabut sementara fitur transfer dan purchase di situs Niaga mailto:Global@access," jelas Yudhi Kurniawan, Electronic Delivery Group Head Bank Niaga, yang dihubungi kompas.com, Senin (4/2). Ia mengakui sudah ada laporan yang masuk mengenai nasabah yang telanjur memasukkan data mereka. Yudhi enggan menjelaskan lebih rinci tentang nasabah yang telah tertipu.
Menyikapi hal ini, lanjut Yudi, Bank Niaga telah meminta kepada jasa penyedia hosting untuk memblokir situs "aspal" tersebut. Para nasabah juga telah dikirimi e-mail pemberitahuan tentang keberadaan situs palsu dan e-mail palsu. "Kami mengingatkan kembali kepada para nasabah untuk mengganti password mereka secara berkala. Kami tidak pernah meminta klarifikasi usser login melalui internet," terang Yudhi lagi.
Berdasarkan penelusuran Bank Niaga, situs palsu ini dihosting di Amerika. Namun, sulit melacak siapa yang berada di belakang aksi kriminal ini. "Pelakunya sulit dilacak sehingga sulit pula bagi kami untuk melaporkan hal ini kepada pihak berwenang," ujar dia.(don)

Tidak ada komentar: